Hai. Salah satu hal yang banyak ditanyakan para siswa dan orang tua siswa kepada kami adalah tentang tips kuliah di Turki. Baiklah, kita akan bahas santai ya tentang persiapan untuk kuliah di Turki. Jadi, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dan kamu persiapan untuk kuliah di Turki.

Mau Jalur Beasiswa atau Mandiri?

Yang pertama adalah kamu mau kuliah di Turki jalur beasiswa atau mandiri. Bedanya apa? tentu saja kalau beasiswa kamu dibiayai dari mulai berangkat sampai pulang lagi. Beasiswa Turki yang paling populer adalah Turkiye Burslari. Nanti di lain kesempatan kita akan bahas ya. Kalau mandiri pastinya kamu harus mengeluarkan biaya sendiri, walau pun biaya kuliah di Turki bahkan lebih murah daripada di Indonesia.

Dokumen

Buat kamu yang mau kuliah di Turki, kelengkapan dokumen ini sangat penting. Kamu harus mempersiapkan paspor, pas photo yang diambil dalam waktu 6 bulan terakhir, transkrp nilai, ijazah/SKL. Kalau kamu mau jalur mandiri bisa lebih banyak lagi dokumen yang diperlukan. Misalnya sertifikat-sertifikat. Terus kamu harus menulis essay dan lain sebagainya.

Intinya dokumen-dokumen tersebut harus kamu rapikan dari sekarang. Pernah ada orang tanya saya, dia bilang mau kuliah di Turki. Sudah cerita macam-macam , mau ambil jurusan ini itu, tapi pas saya tanya, ternyata dia belum punya paspor. Nah repot kan. Mulai aja dulu pelan-pelan dari bikin paspor. Itu tandanya kamu ada niat buat kuliah di luar negeri.

Mau Masuk Universitas Mana?

Buat kamu yang kamu kuliah di Turki, kamu harus rajin-rajin cari tahu kamu mau kuliah di universitas mana. Kenapa? Karena jalur masuk tiap universitas itu beda-beda. Ada yang masuknya harus ikut ujian YOS, ada yang pakai nilai SAT, ada juga yang pakai nilai ijazah.

Misalnya Boğaziçi University, ini salah satu universitas favorit disini. Jalur masuknya adalah dengan nilai SAT. Apa itu SAT? Nanti kita jelaskan ya. Sementara kamu bisa cek di Google dulu. Jangan harap kamu bisa masuk Boğaziçi University kalau kamu hanya mengandalkan nilai ijazah.

Begitu juga Istanbul University. Universitas ini hanya menerima mahasiswa baru melalui ujian YOS yang mereka laksanakan. Kalau kamu mau masuk universitas ini wajib ikut ujian YOS. Gak ada cara lain.

Ujian YOS itu ujian tertulis, soalnya matematika dan IQ. Ada sekitar 80 soal. Ujiannya di Jakarta. Misalnya tahun 2020 ini karena Covid-19 ujian Istanbul University jadi tanggal 5 September 2020, padahal pada awalnya dijadwalkan tanggal 11 April 2020.

Konsultasi Dengan Yang Berpengalaman

Ini juga penting. Pengurusan dokumen untuk kuliah di Turki itu cukup ribet. Salah sedikit dokumen kamu bisa ditolak. Walau pun kamu sudah diterima di universitas, kalau dokumen kamu gak lengkap atau ada yang kurang, kamu bisa disuruh pulang.

Maka dari itu, pastikan kamu tanya sama yang berpengalaman. Bisa dengan kakak-kakak yang sudah kuliah disana, ikut komunitas atau grup persiapan kuliah di Turki. Atau gak ada salahnya kamu ikut persiapan di lembaga persiapan kuliah di Turki. Lebih baik cari aman dan nyaman daripada nanti ribet kan?

Nilai Akademik

Setelah kamu menentukan mau masuk universitas mana dan tahu jalur masuknya. Kamu tinggal persiapkan nilai terbaik. Kalau mau masuk universitas denga jalur SAT, maka persiapkan nilai SAT terbaik. Misalnya kalau kamu mau masuk Hacettepe University atau Orta Dogu Teknik University, kamu harus punya nilai SAT 1 minimal 1200/1600.

Kalau mau masuk universitas dengan jalur YOS. Banyak-banyak belajar matematika dan IQ. Ikut kursus persiapan YOS. Orang-orang dari luar negeri yang lain itu ujian YOS bulan April, mereka kursus YOS dari bulan November tahun sebelumnya. Jadi beneran serius persiapannya.

Kalau mau masuk universitas denga jalur berkas. Nah ini paling mudah, ya siapkan saja ijazah kamu. Kalau belum ada, bisa pakai SKL tapi yang ada nilainya ya.

Nah itu beberapa tips buat kamu yang mau kuliah di Turki. Semoga bermanfaat.

Penulis : Sabilal Risjad

2 Comments

  • Tsalsa Ukhtika Zakhra Reply

    Assalamualaikum ka , saya Tsalsa tinggal masih kelas X namun saya sudah ada keinginan untuk kuliah diturki namun inipun masih hanya niat saja saya belum ada persiapan masih mencari cari universitas yang ada di Turki saya mencari yang beasaiswa ka masih minim sekali pengetahuan saya soal kuliah diturki saran Kaka saya harus mulai dari mana dulu ya ka soalnya saya juga masih bingung banget harus bagaimana nya, terimakasih ka 😊

    • Imam Abdul Karim Sulaiman Reply

      Wa’alaikumsalam Kakak. Terimakasih telah menghubungi Exzellenz Institut.
      Tetep kuatkan niat untuk bisa kuliah di Turki. Langkah yang pertama yang bisa dilakukan, dengan terus mencari informasi tentang studi di Turki, sambil bisa dibarengi dengan mulai belajar bahasa Turki terlebih dahulu. Bisa ikut di Exzellenz, karena sering ada kelas trial untuk bahasa Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *