Tanggal 20 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai hari osteoporosis sedunia. Osteoporosis adalah kondisi tulang yang lemah dan rapuh.

Hari osteoporosis sedunia dicanangkan sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan kesadaran global tentang pencegahan, diagnosis dan pengobatan osteoporosis dan terkait penyakit muskuloskeletal.

Bagaimana sih sejarahnya, bisa jadi hari Osteoporosis?

Rupanya, sejarah Hari Osteoporosis sedunia untuk berkampanye selama setahun tentang meningkatkan kesadaran global mengenai pencegahan, diagnosis dan pengobatan osteoporosis juga penyakit tulang metabolik.

Peringatan Hari Osteoporosis selalu diselenggarakan oleh International Osteoporosis Foundation (IOF) setiap tahunnya. Juga melibatkan kampanye oleh komunitas pasien osteoporosis dari seluruh dunia dengan kegiatan di lebih dari 90 negara.

Dikutip dari situs worldosteoporosisday.org, Hari Osteoporosis Dunia diluncurkan pertama kali pada 20 Oktober 1996 oleh Masyarakat Osteoporosis Nasional Inggris dan didukung oleh Komisi Eropa.

Sejak 1997, hari itu telah diselenggarakan oleh IOF. Kemudian pada 1998 dan 1999, Organisasi Kesehatan Dunia bertindak sebagai sponsor bersama Hari Osteoporosis Dunia.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *