Serial persiapan kuliah ke Jerman 6

Dresden skyline reflecion in Elbe river at sunset in Saxony of Germany

Saat nanti menjalani studi di Jerman, tentu itu berarti kita sudah hidup secara penuh di sana. Nah, kali ini kita akan membahas, bahwa kehidupan studi kita ada tidak hanya di kampus atau belajar di perpustakaan. Ada banyak hal yang menarik yang juga bisa kita lihat atau lakukan di Jerman. Apakah itu berjalan-jalan di sekitar kota tempat tinggal kita, atau mungkin travelling agak jauh ke kota lain atau bahkan ke negara sekitar Jerman.

Sangat berbeda dengan Indonesia, Jerman adalah negara dengan empat musim, panas (Sommer), gugur (Herbst), dingin (Winter) dan semi (Fruehling). Putihnya Winter, kuning dan orangenya Herbst, cerahnya Sommer dan warna-warninya Fruehling, akan sangat menarik buat kita yang berasal dari negara tropis. Masing-masing musim pun punya buah dan sayur khasnya, yang membuat hidup kita pun jadi penuh warna.

Jika kita tertarik dengan alam dan keindahannya, maka Jerman pun punya banyak tempat yang indah. Zugspitze misalnya, adalah puncak tertinggi di Jerman dengan ketinggian 2962m, menawarkan salju abadi dan tempat bermain ski yang indah. Terletak di Jerman Selatan di perbatasan Jerman dan Austria. Atau Schwarzwald atau kawasan Black Forest, yang merupakan hamparan hutan indah terbentang membatasi Jerman dan Prancis. Juga ada danau terbesar di Jerman, yaitu Bodensee atau juga dikenal dengan Lake Konstanz, danau indah yang cukup besar yang membatasi tiga negara, Jerman, Swiss dan Austria. Dan masih banyak lagi lokasi alam yang indah, yang membuat Jerman sangat mempesona.

Yang juga tidak boleh dilupakan adalah daya tarik olahraga di Jerman. Jerman sangat dikenal dan unggul dalam berbagai jenis olahraga. Yang paling terkenal tentunya Die Mannschaft, tim nasional sepakbola Jerman. Olahraga lain yang seperti tenis, atletik, handball (bola tangan), dan beberapa olahraga musim dingin (ski, bobfahren/kereta luncur) sangat terkenal di Jerman dan cukup asyik untuk dimainkan ataupun ditonton. Dan untuk para mahasiswa, hampir semua universitas mempunyai Sporthalle, yang juga menawarkan berbagai olahraga untuk mahasiswa agar kondisinya selalu sehat dan fit.

Nah, untuk yang punya passion di sejarah dan teknologi, berbagai museum di Jerman serta gedung-gedung bersejarah akan menjadi obyek yang harus didatangi. Museum-museum di Jerman, selain mengusung tema sejarah, juga biasanya ada nilai-nilai perkembangan teknologi yang memang tidak bisa dilepas dari sejarah Jerman. Bahkan perusahaan besar seperti BMW dan Mercedes, mempunyai gedung museum sendiri yang menampilkan perjuangan mereka sejak awal sampai menjadi perusahaan multi nasional.

Satu lagi, Jerman yang berbatasan langsung dengan Sembilan negara Eropa lainnya, memungkinkan kita untuk travelling dengan mudah. Apakah mau ke Belanda yang terkenal karena di bawah permukaan laut, atau Prancis dengan pegunungan Alpennya, atau mau ke negara-negara Skandinavia pewaris Viking yang terkenal? Semuanya pasti mengasyikkan dan penuh pengalaman baru.

Nah, seperti itu kira-kira. Jadi jangan kuatir, hidup sebagai Student atau mahasiswa di Jerman tidak akan membosankan. Fokus super tinggi di kampus, akan diimbangi dengan berbagai pengalaman menarik dengan travelling atau sekedar berkunjung ke tempat wisata atau daerah lain.

Salam Exzellenz

Syahril M Nurdin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *