Sadarkah kita, bahwa bertanya merupakan hal tersulit yang mesti kita kuasai dalam belajar?
Karena pertanyaan adalah awal dari keinginan untuk mengetahui lebih luas dan memahami lebih dalam.

Banyak sekali webinar ataupun online workshop yang kita ikuti, yang probono maupun yang berbayar. Namun seberapa sering kita melontarkan pertanyaan atas ilmu yang kita dapatkan. Nah, bener Khan….

Seakan ada perasaan, malu ah gini aja kok ditanya…
Atau kuatir ada image dari orang lain, goblok bangeud sih, itu Khan sdh dijelaskan tadi…
Atau minder, nampaknya yang hadir semuanya orang pinter karena tidak ada yang bertanya, gengsi yang ngga jelas.

Maka jadilah ruang pembelajaran kita ruang-ruang yang miskin pertanyaan. Pada awalnya para guru, mentor ataupun trainer meyakini ohhh muridnya sudah faham semua, karena tidak ada yang bertanya, padahal kefahaman yang terbentuk,-kalau pun itu terbentuk- adalah kefahaman semu dan premature. Kefahaman yang belum sempat teruji.

Di negara maju, bertanya adalah hal yang wajar. Di sana bertanya bukan berarti kebodohan. Bahkan bertanya merupakan adab belajar yang niscaya, bertanya menjadi sebuah tata krama dalam belajar, memberikan respon terhadap apa yang dipelajari. Menghargai guru merupakan salah satu nilai dalam bertanya.

Sebuah bangsa yang pandai bertanya, akan hadir di tengah-tengah mereka penemuan-penemuan baru, kreasi yang bermanfaat untuk kehidupan, kemajuan dan penciptaan yang mempengaruhi peradaban.

Semakin trampil bertanya, semakin cerdas kreativitasnya.

Exzellenz Institut

#exzellenzlearn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *