Turki memang masih merupakan negara sekuler, namun perkembangan islam juga begitu pesat disini. Bahkan sudah banyak sekali universitas-universitas di Turki yang membuka jurusan islamic theology atau dalam bahasa Turki nya jurusan ilahiyat. Sampai saat ini tercatat ada 84 Fakultas ilahiyat yang sudah dibuka di Turki, walaupun baru 46 yang dibuka untuk menerima murid baru. Ini membuktikan bahwa geliat belajar islam di Turki sudah sangat signifikan dibanding tahun 90an. Nah, diantara banyak universitas-universitas yang telah membuka jurusan islamic Theology ini universitas mana saja yang tergolong baik dalam jurusan islamic Studies nya ? Saya akan ringkas beberapa kampus yang memiliki jurusan ilahiyat terbaik di Turki. Berikut ulasannya :

       

  1.  Marmara University

Marmara University merupakan salah satu kampus yang memiliki jurusan Islamic Theology yang bagus. Untuk di Turki sendiri, Universitas ini masuk rangking 1 untuk jurusan pilihan ilahiyat mengingat nilai yang dibutuhkan untuk masuk di universitas ini tergolong cukup tinggi. Selain itu guru-guru (Hoca) yang mengajar di universitas ini merupakan pengajar yang sangat berkualitas, ditunjukkan dengan banyaknya buku-buku pelajaran di ilahiyat yang merupakan karya dari pengajar di Universitas Marmara ini. Jika ditelisik, kebanyakan pengajar yang berkualitas di universitas ini merupakan pengajar di bidang Tafsir dan Hadis, namun tak menutup kemungkinan ada pengajar di bidang lain yang juga berkualitas. Untuk bahasa pengantar, Fakultas ini berahasa pengantar Turki dengan ada beberapa pelajaran yang memaki bahasa Arab. Selain itu ada jurusan tersendiri yang full memakai bahasa Inggris.

Universitas ini juga sudah menjalin berbagai kerjasama dengan banyak universitas islam di seluruh dunia, dari mulai Qatar University, UIIM Malaysia, Universitas di Jordan, Universitas di Maroko dan masih banyak lagi. Dengan adanya kerjasama itu, terdapat pertukaran pelajar antara universitas-universitas tersebut dengan Marmara University. Dan setiap semester banyak yang dikirim untuk pertukaran pelajar ke universitas yang menjalin kerjasama. Selain itu, biasanya Marmara University mengirimkan mahasiswa berprestasinya ke Jordan atau ke Qatar untuk belajar bahasa arab selama libur musim panas.

Fakultas Ilahiyat di Marmara University selain bagus dan berkualitas dibidang akademik juga sangat bagus di fisiknya. Bangunan gedung fakultas ini terlihat begitu modern dibanding fakultas ilahiyat di universitas lain. Dan baru diresmikannya masjid baru dengan gaya modern di fakultas ini menambah lengkapnya Fakultas Ilahiyat disini menjadi fakultas ilahiyat terbaik di Turki. Fakultas inipun sangat sempurna karena berada di istanbul dan tepat di daerah Uskudar yang dekat dengan Laut Bosporus.

  1. Uludağ University 

Uludag merupakan nama dari gunung tertinggi di Turki yang berada di Kota Bursa. Nama tersebut dijadikan nama sebuah universitas negeri di Bursa, yaitu Uludag University. Nah, Uludag university ini memiliki fakultas ilahiyat yang juga berputasi tinggi di turki. Jika melihat standar masuk ke Jurusan ilahiyat di Universitas ini, maka akan didapati standar yang tinggi. Standar yang tinggi ini berdasar kualitas dari para pengajar, standar pendidikan, nilai dll. Maka dengan itu mahasiswa yang bisa kuliah di Universitas Uludag untuk jurusan ilahiyat merupakan mahasiswa pilihan yang memiliki standar tinggi.

Fakultas Ilahiyat di Uludag ini memakai bahasa pengantar Turki, walaupun ada juga pelajaran pilihan yang memang khusus dengan bahasa pengantar arab. Selain itu Fakultas ini juga memiliki perpustakaan yang bagus dengan literatur buku yang lengkap. Dengan berada di salah satu bekas Ibukota kesultanan Usmani, yaitu Kota Bursa, belajar di fakultas ini penuh dengan nuansa sejarah yang kental. Oleh karena itu Uludag University bisa menjadi pilihan yang pas untuk jurusan Islamic Theology di Turki.

  1.                               Ankara University

 

Berada di Ibukota Turki dan merupakan universitas yang pertama kali dicanangkan seusai masa kemerdekaan merupakan ciri Khas Ankara University. Selain memiliki Fakultas yang bagus dibidang politik dan Sejarah, Ankara Univ juga memiliki Fakultas Islamic Theology yang tidak kalah bagus dibanding Universitas lain di turki. Ini karena Fakultas ilahiyat yang pertama kali diresmikan merupakan Fakultas ilahiyat di Ankara University ini. Karena merupakan fakultas ilahiyat pertama di Turki sudah banyak sekali guru-guru, hoca yang dicetak dari universitas ini. Selain itu fakultas ini juga memiliki perpustakaan yang sangat lengkap. Banyak sekali literatur islam, sejarah bahkan naskah kuno yang masih tersimpan di fakultas ini.

Untuk bahasa pengantar yang dipakai di Fakultas ini adalah bahasa Turki dan Arab. Untuk semester 1 pelajaran semuanya full bahasa arab, lalu naik ke semester setelahnya bahasa pengantar antara bahasa Turki dan Arab. Selain itu Fakultas ini juga memiliki jurusan islamic theology berbahasa Inggris terbaik di Turki.

Yang jelas pengajar di Fakultas ilahiyat di Ankara ini kebanyakan adalah profesor dengan kemampuan di bidangnya yang sudah tidak perlu ditanya lagi. Maka untuk jurusan ilahiyat, Universitas Ankara juga merupakan pilihan yang pas dan tidak perlu diragukan lagi. 

  1.                 Istanbul University

Istanbul University memiliki sejarah kelam tentang jurusan ilahiyat. Yaitu pernah menutup 2 kali jurusan ilahiyat ketika masih masa darulfunun –sebelum menjadi Istanbul University-. Maka Universitas ini juga membuka jurusan ilahiyat agak sedikit terlambat dibanding dengan universitas lainnya. Jurusan ilahiyat baru dibuka pada tahun 1997. Namun ternyata keterlambatan itu tidak mebuat jurusan ilahiyat di universitas ini juga terlambat berkembang. Universitas ini ternyata memiliki pamor yang tinggi sehingga jurusan ilahiyat begitu cepat berkembang.

Berkembangnya jurusan ini tidak lain karena pengajar di universitas ini yang mumpuni, yaitu banyaik sekali professor lulusa dari universitas Eropa dan Timur Tengah. Selain itu Istanbul yang terkenal dengan sejarah Usmani nya membuat jurusan ilahiyat di universitas ini sangat banyak dimintai.

Selain itu, salah satu kelebihan dari universitas ini adalah sistem persiapan bahasa Arab sebelum masuk ke kuliah nya merupakan sistem kursus yang diterapkan seperti sistem kursus toefl, atau bahasa inggris. Dengan sistem yang baik seperti itu rating jurusan ini menjadi naik.

Dan yang tidak kalah membuat nilai plus adalah letak dari kampus ilahiyat di istanbul univ adalah di daerah Fatih, yaitu daerah dimana dulu pernah berkuasa Usmani. Dengan masih banyak gedung, bangunan dan tentunya masjid peninggalan Usmani yang begitu bersejarah.

  1.                 Istanbul 29 Mayis University

Pernah mendengar proyek Islamic Univesity of Istanbul ? Nah, Istanbul 29 Mayis University inilah yang dijadikan proyek tersebut. Universitas ini merupakan cikal bakal Universitas Islam Istanbul. Universitas ini merupakan universitas pertama yang dibangun oleh departemen Agama Turki. Tentunya dengan membuka jurusan islamic studies, dan khasnya lagi dengan full arabic.

Karena merupakan cikal bakal Islamic University of Istanbul maka jurusan islamic Studies di Universitas ini memakai bahasa pengantar bahasa Arab. Dengan mendatangkan langsung para pengajar dari Negara Arab, yaitu Yordania, Suriah, Lebanon dan Mesir. Karena memakain bahasa arab, maka kelas persiapan bahasa Arab yang ditempuh selama setahun juga menjanjikan kualitas yang tinggi. Dengan setiap akhir pendidikan, Universitas ini mengirim sekitar 40 mahasiswa berprestasinya untuk mendalami bahasa Arab lagi di Yordania.

Walaupun baru dibangun tahun 2010, dan membuka jurusan Islamic Studies pada tahun 2011 namun universitas ini tidak perlu ditanya lagi kualitasnya. Departemen agama Turki pun secara khusus menyediakan beasiswa untuk belajar di Universitas ini. Dan yang paling bagus di Universitas ini adalah, Universitas ini berhubungan dengan lembaga ISAM Yaitu lembaga penelitian Islam Turki dengan memiliki Perpustakaan islam terlengkap di Turki dengan literatur dan buku-buku yang komplit. Bahkan perpustakaannya hanya diperbolehkan untuk Mahasiswa Graduate dan untuk mahasiswa yang kuliah di Universitas ini. Selain itu, Universitas ini berada di Umraniye, Istanbul Asia. Dengan tempat yang sangat strategis tentunya di Istanbul.

Itulah beberapa Universitas –universitas yang memiliki jurusan Islamic Studies paling bagus di Turki. Walaupun tidak menutup kemungkinan juga selain 5 Universitas itu masih banyak juga Universitas lain yang tentunya tidak bisa diremehkan juga di jurusan Islamic Studies. Semoga mencerahkan !

           Oleh : Abdurrahman Al Farid (Mahasiswa Islamic Studies di Ankara University)

Sumber : http://exzellenz-institut.com/wp-admin/post-new.php 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *