Sekarang ini sudah ada ratusan tempat wisata di Turki yang bisa menghipnotis pelancong dari berbagai belahan dunia. Yes, negri dua benua ini engga akan pernah hilang karisma nya.

Jika kalian pengen banget ngerasain bercampurnya budaya east dan west di kehidupan sehari-hari , kalian harus banget sekali aja dateng dan ngerasain enaknya travelling di Turki. Nah! Sebelum berangkat ada baikny kalian cari-cari info dulu semua jenis informasi yang berkaitan dengan Turki. Misalnya dari hal yg simple banget deh, kaya mata uangnya, gimana pembuatan visanya, berapa biaya tour guide sampe ke kata-kata sapaan dasar yang kalian bisa gunakan biar pas nawar harga di abang-abang ngerti dikit hehehe…

Biar mudahin kalian, ga perlu bingung semua udah mimin tulis ke satu artikel ini. Let’s start the tips step by stepnya ya

  1. VISA

Bagi yang ingin berkunjung ke Turki sebagai seorang WNI syaratnya sangat gampang banget. Ada dua pilihan type yang kalian bisa pilih yaitu visa on arrival & e-Visa.

  • Visa On Arrival ( VoA )

Untuk jenis visa yang ini sangat gampang banget deh, kalian ga perlu bikin visanya sebelum keberangkatan. Visa ini bisa didapatkan ketika kalian tiba di Turki , cukup dateng ke counter visa on Arival yang ada dibandara ketibaan kalian. Voila!,stamp visa nya udah ada di passport kalian. Menggunakan cara ini memang mudah, tetapi memang cukup harus sabar ya guys! Yang bikin lama itu dikarenakan antrian untuk minta stamp visa on Arrival ini lumayan menyita waktu cukup panjang. Biaya yang dikenakan sama dengan E-visa, hanya $25 saja dan harus cash ya, inget guys cash ! tidak bisa menggunakan credit card  ataupun debit card.

  • E-Visa

Kalau mimin pribadi sih ya lebih enak ngurus visannya yang ini nih , karena ga perlu ribet sampai sana ngantri sepanjang line nya VOA , dan udah tenang gitu karena visa sudah di print dan kita pegang sendiri . Untuk pengurusan visa ini kalian tinggal masuk aja ke link apply visa only dibawah ini dan isi-isi data kalian yang sesuai dan benar
https://www.evisa.gov.tr/en/apply/  ikutin prosedur , isi data , dan siapkan kartu kredit yang berlogo visa atau mastercard , biaya disini ga jauh beda dari VOA . Kalau VOA kamu butuh $25 kalau e-Visa kalian  bayar $25 plus $1.5 Biaya admin totalnya $26,5,masih murah ya daripada visa Negara lain nya. Setelah selesai cetak dan bawa ketika kalian ke Turki deh. Jangan lupa soft file nya disimpen di HP ya, supaya kalau hilang kalian bisa tinggal tunjukan kepetugas imigrasi di Turki.

Kalimat yang wajib diketahui sebelum liburan ke Turki

Halo                   : Merhaba

Ya                       : Evet

Tidak                 : Hayır

Berapa?             : Ne kadar?

Please                : Lutfen

Terima kasih    : Teşekkür ederim

Apa?                   : Ne?

Kapan?              : Ne zaman?

Tolong!              : Yardım et!

2. Transportasi

Untuk Sistem Transportasi di Turki sendiri termasuk yang sangat-sangat maju dan sangat sistematis, jarang banget deh ada yang telat datang. Bahkan ketika mimin mengunjungi salah satu instansi transportasi yang menaungi semua public transport disana yang beranama IETT.

Bus di turki menjadi bus tercepat di dunia, yang kecepatanya bisa 60km/jam kereeeen bangeet ga tuh ?! dengan satu kartu sakti itu kita bisa menggunakan moda public transport di Istanbul seperti metro bus, kereta bawah tanah, kapal yang melewati benua eropa-asia dan juga Tram way.

Kalau memang ingin naik taksi, bebas sih, hanya saja di kota besar seperti di Istanbul harus merogoh kocek sangat dalam. Bahkan bukan tidak mungkin argo akan mencapai satu juta rupiah untuk jarak tempuh yang pendek saat jalanan sedang macet-macetnya.

Berikut ini adalah ragam pilihan transportasi umum lainnya yang bisa jadi pilihan sesuai dengan kebutuhan saat liburan.

  • Bus

Moda Transportasi yang ini nih, yang paling favorite banget digunakan oleh warga Turki sendiri ataupun tourist. Karena mudahnya ditemui dan juga gampang dicari halte- halte nya. Buss ini termasuk transportasi ya mureee meriah lah. Kisarannya sekitar 3 TL -10 TL lah, itu pun kalau 10 TL bisa jadi muter-muter tuh sekeliling Istanbul. Contoh dari bandara Ataturk, bisa menggunakan bus Havataş yang beroperasi dari jam 04.00–01.00 dan berangkat setiap 30 menit sekali guys! Rutenya dimulai dari bandara sampai ke Taksim Square, tepatnya di depan The Hotel Point. Tarifnya hanya 10 TL per orang.

  • Metro

Kereta bawah tanah di Turki atau yang sering juga disebut Metro merupakan yang tertua kedua di dunia karena sudah beroperasi sejak 17 Januari 1875. Tiketnya sangat terjangkau, sekali jalan 2,3 TL (sekitar 11.500 rupiah). Dan yang ini juga bisa pakai kartu sakti yang diatas tadi, metro favorite mimin juga nih karena cepet banget ga ada macet-macetan dan sering ada musisi jalanan yang perform di stasiunnya.

  • Tramvay

Dibaca: /tremwey/. Trem ini ada di Istanbul dan merupakan salah satu trem yang tertua di dunia. Trem ini terintegrasi dengan stasiun yang ada di Istanbul sana. Ada 10 jalur trem di Istanbul, tepatnya 7 jalur di Istanbul bagian Eropa dan 3 jalur di Istanbul bagian Asia. Kalau tramvay ini  kalian harus banget coba ya, secara di Negara kita belum punya yang kaya gini, dari pada jauh-jauh ke Belanda atau Jerman mending ke turki dulu cobain naik tramvay yaa..

  • Dolmuş

Nah klo yang ini banyak nih Indonesia kita tercinta,  kalau di Indonesia kita bilangnya angkot. Lucu yah ternyata Negara sekelas turki pun punya angkot yang memiliki banyak trayek tujuan juga. Sama lagi cari berentiin abangnya bilangnya kanan bang kanan ( tapi pake bahasa turki yaa ) nah kenapa dikanan bilangnya? Karena turki kebalikan dari Indonesia klo turun haltenya ada dikanan. Kalo dolmuş ini bayarnya ga bisa pake kartu sakti atau Istanbul kart. Dia bayarnya pake recehan tergantung tujuang mulai dari 2TL deh bayarnya .

3. Mata uang Turki

Dari Artikel diatas kita dari tadi sebut TL terus yaa. Nah mimin mau kasih tau nih sebenernya apa sih TL itu orang biasanya sebutnya ( Tele ) atau ya hanya sekedar bilang huruf T dan L.  Untuk bertransaksi di Turki, bisa menggunakan mata uang lokal yaitu Turkish Lira. Di sana juga berlaku mata uang USD ataupun Euro di daerah wisata. Tapi untuk kalian Tourist dari Indonesia mimin saranin lebih baik Tarik dari atm setempat aja yaah, soalnya kalau kita Tarik dari atm yang ada disana nilai tukarnya lebih rendah.. mau tuker boleh tapi sebaiknya carinya jangan daerah wisata ya. Nah klo kalian nemu took dengan tanda seperti disini kalian sudah ketemu tempat yang tepat nih untuk tukar uang . Döviz ( dowiz ) adalah money changer  kalau bahasa kerennya ..

Tetapi kalau kalian belanja di emperan atau abang-abang , sebaiknya pakai cash ya. Kalau di took souvenir mereka terima ko kartu kredit atau debit card. Berbelanjalah yang bijak yaa jangan tergiur dengan harga yang langung mereka berikan, harus nawar pokoknya ya nawar nawar dan nawar . maklum kalau turist harganya mahal syekaliii.

4. Kartu SIM smartphone

Buat simcard Turki termasuk mahal nih guys. Di Turki jika ingin menggunakan smartphone dari luar Turki selama lebih dari seminggu harus mendaftarkan dulu ke pemerintahan dengan data paspor. Biaya pendaftaran sebesar 120 TL. Untuk beli kartu perdana biayanya sekitar 35-40 TL (200 ribu-an Rupiah), provider unggulannya Avea, Turk Cell, dan Vodafone. Sementara untuk paket data internet sekitar 30-an TL (165 ribu-an), tapi mimin sih pakenya Turk Cell ya soalnya sinyal aman jaya buat selfie dan update di instagram lah hehehe..

Kalau traveling ala budget traveling sebaiknya manfaatkan saja wifi gratis yang tersedia di hostel, di restoran, di bandara, dan tempat umum lainnya.

5. Colokan listrik

Jangan Sedih jangan gundah, colokan listrik di Turki sama dengan di Indonesia. Aliran listrik sebesar 220 Volt dan colokan listriknya yang berjenis dua kaki, jadi tidak perlu membawa adapter.

6. Rekomendasi tempat wisata Turki

Satu hal yang perlu kalian tahu nih guys. Kalau nanti kamu berwisata sendiri tanpa pemandu, kamu harus cari tahu larangan yang ada di sana ya, jangan sampai melanggar aturan yaa..

Kalau kalian kesana ga pake tour guide jangan lupa ketempat- tempat ini . Berikut ini rekomendasi tempat yang bisa jadi referensi itinerary.

1. Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

Kota Seribu masjid adalah julukan Negara cantik ini.  Kenapa sih Masjid Sultan Ahmed juga disebut Blue Mosque? Itu tuh karena keramik yang tersebar di dinding hingga kubah masjid didominasi oleh warna biru. 

Saat mengunjungi Blue Mosque, usahakan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Bagi perempuan yang tidak berhijab akan dipinjamkan pasmina yang disediakan oleh pihak masjid. Inget ya guys jaga kebersihan , karena jika kit ake luar negri kita adalah duta dari Negara kita. Ga mau kan Negara kita dicap sebagai Negara yang warganya tukang buang sampah sembarangan.

2. Jembatan Galata

Sesibuk apapun agenda jalan-jalan sesampainya di sana, sempatkan mampir ke Jembatan Galata atau Galata Bridge.

Di sana kamu akan menemukan berbagai restoran dan kafe. Waktu terbaik untuk mengunjungi Jembatan Galata adalah saat sore hingga malam hari. Enaknya nih sekalian guys, pas mau liat galata sekalian naik crusie nya yang menyebrangin bosphorus. Sumpah cantik banget diliat dari Cruise nya.

3. Istana Topkapi (Topkapi Palace)

Dulu, istana ini adalah tempat tinggal sultan. Tidak hanya ada kamar dan ruang diskusi para pemimpin pada masa itu, tapi juga ada sekolah, asrama, masjid, hingga rumah sakit.

Istana ini dulu dibangun pada tahun 1459, kini sudah dialih fungsikan menjadi museum dan siapa pun bisa mengunjunginya, yang paling mantap lagi disini ada peninggalan Rasullullah SAW yang wajib kalian liat.

4. Kapadokya (Cappadocia)

Kapadokya ini adalah salah satu tempat wisata yang jadi impian semua orang dan Instagramable banget deh, kaalau kata anak sekarang nih kalau ambil foto disini astetik banget buat di post di Instagram. Tidak Sekedar astetik tapi kota ini banyak banget sejarahnya dari mulai kenapa itu bangunan modelnya bisa begini

Tidak lengkap kalau melakukan wisata Turki tapi tidak ke sini.

Bagaimana tidak, Cappadocia memiliki lanskap cantik di sana diperindah lagi dengan balon udara warna-warni yang menghias langit.

5. Pamukkale

Wisata pemandian air panas di Turki adalah salah satu yang harus dikunjungi. Di Pamukkale, kamu bisa puas berendam di kolam air panas dengan pemandangan serba putih yang menakjubkan. Persis banget deh kaya cotton candy / pismaniye cute bangeeeet , ibaratnya ini ciater versi high class nya.

Kolam yang terlihat seperti tumpukan salju di sana adalah logam kalsium yang mengendap lalu mengeras menjadi batuan. Konon, berendam di sini bisa menyembuhkan penyakit seperti asma, sakit mata, hingga rematik.

Gimana setelah baca artikel ini ? pengen ga kesana ?? yuuuk kesana yuk

Biar kalian ga ribet-ribet amat nih kalau mau jalan-jalan ke turki, kita bisa bantu banget banget buat urusin semua akomodasi dan juga guide local disana yaa.. bagi yang mau aja nih ga maksa ko.. ^^

bisa call ka Yasmin nih kalau mau jalan- jalan ke turki di 0812 8072 1180

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *