Salah satu hal yang banyak ditanyakan oleh orang yang ingin menempuh pendidikan di Turki adalah biaya hidup di Turki. Banyak yang berpikir bahwa biaya hidup di Turki sama mahalnya dengan negara-negara Eropa. Padahal, jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, biaya hidup di Turki sangatlah murah, bahkan tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Semua ini tentu saja tergantung dengan gaya hidup dan kemampuan kita untuk mengatur keuangan. Namun secara umum, memang biaya hidup di Turki tidak terlalu mahal. Dari pengalaman dan juga beberapa sumber yang penulis dapatkan. Biaya hidup di Turki Antara lain :

PengeluaranBiaya
Sewa tempat tinggal (rumah)500 – 1.300 lira/bulan
Sewa tempat tinggal (asrama)600 – 900 lira/bulan
Biaya listrik40 – 100 lira/bulan
Biaya natural gas100 – 300 lira/bulan
Internet 60 – 75 lira/bulan
Belanja100 lira/bulan
Transportasi85 lira/bulan

Misalnya ada seorang mahasiswa Indonesia yang tinggal di kota Kaysri. Dia mengeluarkan biaya 2,1 juta rupiah per bulan untuk menyewa rumah lengkap dengan 3 kamar, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, 1 dapur dan 1 balkon bersama 4 teman lainnya. Adapun untuk tagihan listrik, ia mengeluarkan uang sekitar Rp. 150.000 per bulan. Sedangkan untuk tagihan air hanya Rp. 65.000 per bulan.

Jadi biaya hidup di Turki untuk mahasiswa hanya sekitar 3 – 6 juta rupiah per bulan. Tergantung gaya hidup dan kota dimana dia tinggal. Sangat murah bukan? Inilah salah satu alasan banyak sekali mahasiswa dari segala penjuru dunia ingin kuliah di Turki. Karena dengan harga yang murah, kita bisa tinggal di negara yang sangat indah dengan aman dan nyaman. Serta kualitas pendidikan yang sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *