Melanjutkan kuliah ke luar negeri adalah cita-cita sebagian besar siswa atau mahasiswa di Indonesia. Bagaimana tidak, ada berbagai jalur yang bisa ditempuh, termasuk jalur beasiswa. Meskipun saingannya banyak, tetap saja para mahasiswa uini tidak kapok mencoba hingga akhirnya lulus dan diterima sebagai mahasiswa baru di universitas di luar negeri.

Nah, jika akhirnya lolos dalam seleksi penerimaan, waktunya untuk mulai bersiap-siap. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mempersiapkan hal-hal berikut ini.

Keahlian Berbahasa

Keahlian Berbahasa

Jika ingin bersekolah di luar negeri, kamu minimal harus menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi global. Akan lebih baik lagi jika kamu juga menguasai bahasa lokal tempat kamu akan belajar. Hal ini akan sangat mempermudah kehidupan awal di tempat baru tersebut.

Situasi yang biasanya terjadi adalah kamu harus mengurus segala sesuatu sendiri. Jika pun dibantu oleh senior yang sudah terlebih dahulu belajar di sana, tentu kamu tidak bisa mengharapkan bantuannya terus-menerus, bukan?

Bukan hanya soal kebutuhan sehari-hari, bahasa Inggris atau bahasa lokal pun akan sangat dibutuhkan ketika kuliah sudah dimulai. Segala macam pengantar kuliah pasti akan muncul dalam kedua bahasa tersebut. Jadi, sebelum berangkat, pastikan kemampuan berbahasa kamu sudah mencukupi, ya.

Dokumen

Dokumen

Dokumen yang perlu disiapkan adalah mulai dari dokumen pribadi hingga dokumen yang berkaitan dengan syarat akademis. Data diri lengkap beserta surat-surat penting perlu dipersiapkan sejak awal supaya kamu tidak kelimpungan jika membutuhkannya sewaktu-waktu di tempat tujuan yang baru.

Akan sangat merepotkan jika ada dokumen yang tertinggal di Indonesia dan sangat dibutuhkan dalam waktu yang singkat. Selain biaya pengirimannya mahal, dokumen penting itu juga bisa saja hilang dalam perjalanan. Jadi, siapkanlah dokumen tersebut sebaik-baiknya, pindai dan simpan secara virtual sehingga jika sewaktu-waktu hilang, kamu memiliki salinan yang bisa diakses kapan pun.

Mental

Mental

Tinggal sendiri di negeri orang mungkin bukan bagian terburuk. Namun, ketika tantangan semakin banyak, mental pun diuji. Karena ongkos perjalanan yang tentunya mahal, kita tidak bisa sewaktu-waktu pulang kampung demi memuaskan rasa rindu akan rumah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan kuliah ke luar negeri, kamu perlu menyiapkan mental terlebih dahulu.

Tanpa mental baja, kamu bisa-bisa tidak akan menyelesaikan kuliah tepat waktu. Hal ini merupakan sebuah kerugian besar. Pahamilah terlebih dahulu tantangan yang ada di depan mata sehingga tidak kaget jika nanti benar-benar harus menghadapinya.

Riset

Riset

Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan sebelum tiba di tempat kuliah yang baru. Mulai dari menyiapkan tempat tinggal, asuransi, keperluan pribadi di tempat baru, dan sebagainya. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu. Persiapkan urusan tempat tinggal, urusan kampus, hingga urusan keperluan pribadi di tempat yang baru dengan sangat matang. Bagaimana caranya? Cukup dengan menggunakan internet. Carilah informasi yang diperlukan dengan bantuan internet.

Jalin Komunikasi dengan Senior

Jalin Komunikasi dengan Senior

Mungkin awalnya kamu tidak kenal dengan senior yang berkuliah di kota yang sama. Namun, kamu harus aktif mencari tahu dan berkenalan dengan mereka yang terlebih dahulu telah tinggal di sana. Hal ini akan sangat membantu dalam hal perkuliahan maupun urusan sehari-hari. Sebelum berangkat, ada baiknya melakukan diskusi dengan mereka untuk mengetahui kebiasaan setempat.

Kuliah ke luar negeri memang tidak gampang. Banyak mahasiswa yang tertekan karena tidak mampu menyesuaikan diri dengan situasi yang baru. Supaya tidak mengalami hal yang sama, ada baiknya kamu mempersiapkan berbagai hal tersebut sejak dini.

Sumber : https://www.educenter.id/sebelum-kuliah-ke-luar-negeri-siapkan-dulu-hal-hal-ini/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *