Saat ini pemerintahan Indonesia sedang gencarnya menawarkan beasiswa untuk pelajar terbaik Indonesia untuk bisa melanjutkan jenjang perkuliahan program master dan doktor di dalam negeri maupun di luar negeri.

Maka tidak salahnya jika kita coba melihat sistem pendidikan tinggi di Prancis sebagai salah satu pertimbangan kita dalam memilih perguruan tinggi berkualitas.

Berbeda dengan mayoritas yang berlaku di negara lain dimana pada umumunya puncak dari sistem pendidikan tinggi dengan kualitas pendidikan dan penelitian yang berada di jajaran top adalah universitas, sementara di Prancis akan dipegang oleh “Grand Ecoles”. Yap, sistem pendidikan tinggi di Prancis memang terlihat lebih kompleks dan berbeda, dan perbedaan ini dikarenakan adanya dual system (sistem ganda) pendidikan tinggi yang berlaku di Prancis, yaitu : “Universités” dan “Grandes Ecoles“.

Grand Ecoles

Tidak seperti universitas di Perancis, yang merupakan lembaga pendidikan yang komprehensif yang mencakup berbagai bidang (ilmu pengetahuan alam, teknik, hukum, ekonomi, kedokteran, humaniora, dll) dengan jumlah mahasiswa yang besar dan terbuka bagi siapa saja yang sudah memiliki Ijazah SMA, “Grandes Ecoles” jauh lebih kecil  dan merekrut siswa mereka dengan proses yang sangat selektif.

Ada sekitar 250 “Grandes Ecoles” yang tersebar di Prancis, dan banyak dari grandes ecoles ini didirikan pada abad ke 18 dan 19, dimana tujuan utama mereka untuk melahirkan para insinyur teknik. Faktanya, sejak pendiriannya, Grandes Ecoles Teknik ini berada di jajaran paling depan dalam perkembangan teknologi dan ilmiah di bidangnya dan telah melahirkan mayoritas insinyur ternama yang sudah menorehkan prestasi besar untuk industri di Perancis.

Grande Ecole yang paling terkenal adalah ” Polytechnique ”  atau dikenal sebagai ” X ” , yang didirikan tahun 1794 sebagai sekolah teknik yang muncul di bawah tanggung jawab Departemen Pertahanan. Hal unik dari X ini bahwa mahasiswanya mengenakan ceremonial military uniform dengan tricorn hats untuk acara-acara resmi, termasuk untuk acara wisuda . Polytechnique ini terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi top dunia , dan telah menjalin kerjasama yang kuat dengan universitas ternama lainnya di dunia seperti  MIT , Harvard , Stanford , Oxford , Imperial College London, dan lain-lain. Adapun grand ecole lainnya yang berada di lima besar top di Prancis untuk bidang ilmu teknik : Ecole des Mines, Ecole Nationale des Ponts et Chaussees (ENPC) / Ecole des Ponts ParisTech, Ecole Centrale Lyon, dll. Adapun untuk bidang sosial, top Grand Ecoles dipegang oleh Ecole Normale d’ Administration, ENA , HEC ( Hautes Etudes Commerciales ) , INSEAD ( European Institute of Administration ) dan Sciences Po untuk bidang politik.

Gelar yang ditawarkan dari Grandes Ecoles pada umumnya setara dengan gelar Master, seperti : Master of Science ( M.Sc ) , Master of Business Administration ( MBA ) , atau Mastère Specialise (Ms).

Untuk dapat melanjutkan pendidikan di Grandes Ecoles ini, siswa di Prancis harus mengikuti ujian seleksi yang diadakan oleh masing-masing Grand Ecoles dan harus sudah menyelesaikan dua tahun kelas persiapan di préparatoires aux Grandes Ecoles ( CPGE ) yang bisa diikuti setelah lulus dari sekolah menengah atas. Lain halnya untuk mahasiswa asing yang ingin melanjutkan kuliah di Grandes Ecoles ini, misalnya pelajar dari Indonesia, maka untuk bisa diterima di Grandes Ecoles ini, minimal sudah menyelesaikan program S1 untuk bisa lanjut Master tahun pertama (M1) dan harus sudah menyelesaikan tahun pertama master di Indonesia untuk bisa melanjutkan program M2 di Grandes Ecoles ini.

Untuk biaya perkuliahan, tergantung pada apakah mereka publik atau swasta , namun biaya kuliah per tahun dari Grandes Ecoles berkisar rata-rata dari € 500 sampai € 10.000. Tentu biaya ini jauh lebih besar dibandingkan dengan Universitas yang hanya sekitar € 300 untuk program master dan doktoral.

Secara umum, tahapan tingkat pendidikan tinggi di Prancis sbb:

University : First Year –> Second Year –> Licence (L3) : Bachelor Degree –> Maitrise (Master 1) –> Master DEA or DESS (Master 2) –> Doctorat

Grandes Ecoles : Classe Prepartoire_First Year (Kelas persiapan) –> Classe Prepartoire_Second Year (Kelas persiapan) –> First Year (Diplome d’ingineur/Bachelor Degree) –> Second Year (M1) –> Third Year (M2) –> Doctorat

Perlu diketahui, untuk mahasiswa yang mengikuti kelas persiapan selama 2 tahun sebelum terdaftar di Grands Ecoles, kelas ini bagaikan kelas yang sangat menegangkan oleh mahasiswa. Dikutip dari beberapa komen dari rekan saya ketika saya menjalani program master di salah satu grandes ecoles di Prancis, mereka mengatakan “In these classes, we as students work like dogs (40 hours courses a week + constant tests + personal work, no week-end, etc..)” in order to get best grandes ecoles because their graduates will always be the boss. Maka tak heran memang mereka, para pelajar Prancis, memiliki basic engineering seperti matematika dan fisika yang sangat kuat.

Kemudian, untuk sistem penilaian di Prancis akan berkisar antara 0 – 20. Dimana 10.0 adalah batas minimal seseorang dinyatakan lulus. Tapi perlu diingat bahwa standar antara lulusan universitas dan grandes ecoles juga berbeda. Misalkan saja di kebanyakan industri ataupun perguruan tinggi di luar Prancis, akan mensyaratkan nilai 14.00 untuk lulusan Universitas dan 12.00 untuk kandidat dari Grandes Ecoles. Perbedaan ini memberikan kesimpulan bahwa nilai 14.0 yang diperoleh di Universitas sama halnya dengan nilai yang 12.0 yang diperoleh mahasiswa dari Grandes Ecoles.

Adapun detail penilain sistem pendidikan tinggi di Prancis sbb :

“Pass degree” : 10 – 11.99, “Assez Bien” : 12 – 13.99, “Bien” :  14 – 15.99, dan “Très Bien” : lebih dari 16.0. Mahasiswa yang mendapatkan “assez bian” akan sama halnya dengan 2:1 (upper second) degree dari UK university.

Komponen lain yang ditawarkan oleh Universitas seperti IUTs (Institut Universitaires de Technologie) yang menawarkan diploma selama dua tahun (disebut DUT), atau IAEs, (Instituts d’Administration des Entreprises).

Good Luck. Semoga bermanfaat 🙂

-13 April 2013-

Referensi : https://about-france.com/higher-education-system.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *