JAKARTA –  Pekerjaan sampingan merupakan salah satu solusi untuk menambah penghasilan. Terlebih bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa, apalagi jika kuliah di luar negeri. Biaya hidup di luar negeri tentu lebih tinggi dibandingkan dengan di negeri sendiri. Misalnya saja di US atau negara Eropa, di mana nilai dolar semakin naik ketimbang rupiah.

Anda tidak seharusnya selalu meminta dukungan dana dari orang tua untuk bisa bertahan hidup di negeri orang. Sudah sepantasnya Anda belajar mandiri dengan mencari tambahan uang saku. Bekerja sampingan tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga melatih mental dan fisik serta pengalaman kita di dunia kerja. Berikut ini tujuh pekerjaan sampingan untuk yang kuliah di luar negeri.

1. Pramusaji

Pramusaji adalah salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa di luar negeri. Pembagian waktunya tidaklah sulit, pagi sampai siang kuliah, kemudian sore sampai malam lanjut kerja. Tidaklah sulit menjadi pramusaji. Tapi agar pekerjaan ini berjalan lancar maka diperlukan kemampuan sosial dan kefasihan berbahasa asing. Biasanya gaji pramusaji dihitung berdasarkan shift kerja. Semakin banyak shift bekerja, maka semakin banyak gaji yang didapatkan. Belum lagi jika ditambah tip dari tamu yang puas dengan pelayanan kita.

2. Babysitter

Pilihan selanjutnya ialah babysitter atau pramusiwi. Namun pekerjaan yang satu ini khusus untuk kaum perempuan, walaupun tidak menutup kemungkinan jika laki-laki bisa menjadi penjaga anak. Pada pekerjaan ini diperlukan cara berkomunikasi yang baik antara kita dengan anak asuh dan kesabaran yang mungkin luar biasa. Pada umumnya upah pramusiwi dihitung berdasarkan lama waktunya dalam merawat anak. Jika ingin peluang dipekerjakan lebih besar, carilah keluarga dari Indonesia agar rasa percaya bisa lebih kuat. Walau bagaimanapun, secara naluri orang tua akan memilih menitipkan anaknya pada orang yang memiliki kesamaan asal-usul, bukan orang asing.

3. Kurir

Tidak perlu banyak waktu untuk bekerja sebagai kurir atau delivery guy. Kurir part time biasanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang kuliner. Berbeda dengan di Indonesia di mana kebanyakan kurir adalah mereka para pemuda yang sudah berumur. Namun lain halnya dengan luar negeri, delivery guy menjadi pekerjaan sampingan yang banyak dipilih mahasiswa. Pekerjaan ini pun bisa menjadi pilihan kita, asal kita memahami jalanan di kawasan kita tinggal. GPS mungkin bisa membantu, tapi lebih penting bila kita mengetahui tentang jalanan kota agar dapat memotong perjalanan demi menghemat waktu.

4. Penjual Tiket Bioskop

Pekerjaan sampingan yang satu ini terbilang mudah karena prosedurnya sudah awam kita ketahui. Ketika ada yang datang untuk membeli tiket bioskop, lihatlah lebih dulu apakah ada kursi kosong atau tidak. Jika masih ada yang kosong, tawarkan mau pilih kursi yang mana.

Begitu konsumen selesai menentukan kursinya, proses dan minta pembayaran. Selesai. Walaupun terbilang mudah, kadang pekerjaan ini menguras tenaga ekstra, apalagi jika yang diputar adalah film populer. Bersiaplah untuk menerima banyak pesanan atau kemungkinan penonton yang saling berebut dan menimbulkan keributan.

5. Petugas Kebersihan

Petugas kebersihan biasanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Meskipun terkesan sepele, namun jangan salah bahwa Anda harus melewati seleksi ketat untuk bisa lolos.

Semua prosedur standar yang berlaku harus Anda taati dalam menjalankan pekerjaan sampingan ini. Seperti mengepel dengan berjalan mundur bukan maju dan menyamping. Gerakan mundur untuk memastikan bahwa semua lantai telah bersih dipel. Jika maju, lantai yang telah dipel akan kembali kotor kena sepatu kita.

6. Pramuniaga Atau Kasir

Pilihan selanjutnya ialah pramuniaga atau kasir toko. Biasanya sebelum memulai pekerjaan ini, Anda harus melalui tahap training agar tahu ketika ada pelanggan yang menanyakan suatu barang. Ada pula kasir. Tugasnya sederhana yakni melayani transaksi toko. Namun Anda harus hati-hati karena ini urusannya dengan uang. Bila ada kekurangan, Anda yang akan disalahkan atau dimintai ganti rugi.

7. Bartender

Pilihan terakhir adalah bartender di klub malam. Jika tidak cocok, Anda bisa menjadi bartender di kafe atau restoran biasa. Pekerjaan ini tergolong tidak mudah karena Anda harus memahami segala jenis minuman yang disediakan, cara penyajiannya dan berbagai istilah tentang berbagai macam minuman.

Ayo Mandiri dengan Bekerja Sampingan

Banyak mahasiswa asing yang bekerja sampingan selama menjalani studi. Selain menambah penghasilan, dengan bekerja sampingan Anda bisa menjadi lebih mandiri, tidak bergantung pada orang tua dan menambah pengalaman kerja. Bisa saja setelah lulus kuliah nanti, Anda bisa meneruskan pekerjaan sampingan tersebut menjadi pekerjaan tetap bila sesuai dengan program studi yang dipelajari.

sumber: https://economy.okezone.com/read/2017/12/16/320/1831299/kuliah-di-luar-negeri-tapi-enggan-bergantung-dana-orangtua-ini-7-pekerjaan-yang-patut-dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *