Kuliah keluar negeri, selain menimbulkan prestise tersendiri, ternyata juga memiliki jalur karir yang berbeda dibandingkan lulusan dalam negeri. Entah karena faktor kemampuan bahasa inggris atau memang perusahaan besar umumnya dari luar negeri, faktanya hampir semua Top Manajemen perusahaan besar adalah mereka yang punya latar belakang pendidikan di luar negeri.

Bahkan tak jarang lulusan luar negeri, jikapun merintis sebuah bisnis, mereka juga cepat besar karena kuatnya dukungan jaringan dan dukungan permodalan yang ada. Sebut saja seperti gojek, amartha, cermati dan sebagainya. hanya dalam hitungan tahun aset mereka sudah dalam hitungan triliun. Luar biasa bukan?

Tantangan karir yang besar tersebut membuat, kuliah di luar negeri adalah impian bagi banyak lulusan SMA dalam negeri. Bisa jadi kamu juga memimpikannya. Tak usah ragu soal urusan budaya saat tinggal di sana, biaya dan sebagainya, kalau perlu sambil bekerja di sela aktivitas belajar kamu. Pengalaman merantau keluar negeri tersebut sangat berharga lebih dari sekedar jalan-jalan atau travelling.

Selain soal karir ada banyak alasan lain mengapa kamu harus lanjutkan kuliah di luar negeri seperti ulasan berikut ini

1. Kuliah ke Luar Negeri Menambah Kedewasaan

Hidup jauh dari orang tua dalam beberapa periode lamanya bisa membuat anak muda yang barus lulus SMA bisa cepat menjadi dewasa terutama dari sisi mental. Kalau kamu tinggal di dalam negeri, mau di kota manapun, bahasa dan makanan masih sama, jadi kalau tidak betah bisa tinggal pulang saja. Namun jika keluar negeri, tidak semudah itu. Ini yang membentuk mental kalian menjadi dewasa dan mandiri.

Makin jauh kuliah ke luar negeri, kedewasaan dan kebebasan yang kamu alami akan membuatmu mandiri untuk mengurus diri sendiri dengan lebih baik ketika kamu pulang ke negaramu nanatinya.

2. Lulusan Luar Negeri Memiliki Kesempatan Karir dan Peluang Kerja yang Lebih Besar

Seperti di ulas di atas, banyak perusahaan besar berasal dari luar negeri. Jika kamu lulusan luar negeri, setidaknya kesempatan ini kamu sudah pada posisi unggul. Belum lagi jika kamu tetap ingin berkarir di luar negeri juga, tentu kesempatan juga akan lebih besar lagi untuk karir dalam skala global. Keuntungan besar lainnya dari belajar di luar negeri adalah membuat CV-mu semakin bernilai dimata perusahaan yang kamu lamar, terlepas dari pekerjaan apapun yang kamu lamar.

3. Lulusan LuarNegeri Lebih Percaya Diri, Setidaknya dari Sisi Komunikasi dan Pergaulan

Komunikasi adalah kunci percaya diri saat nantinya melamar kerja atau berkarir. Jika kamu lulusan luar negeri, setidaknya kemampuan bahasa inggris akan menunjang hal ini. Tinggal di luar negeri setidaknya kamu sudah terbiasa komunikasi dalam bahasa sehari-hari misalnya saja di warung kopi, perpustakaan, di restoran atau tempat lain.

Jadi jika wawancara berlangsung, baik dalam bahasa formal maupun non formal kamu sudah terbiasa dengan bahasa inggris. Wawasan dan pengetahuan juga lebih luas. Hal ini yang mendukung rasa percaya diri tersebut.

4. Kuliah di Luar Negeri Membuatmu Punya Komunitas Global

Kuliah di luar negeri bisa bertemu dengan teman dari berbagai negara. Saat kamu di kampus atau di asrama sebaiknya mencari teman yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Hal ini bisa membuatmu makin banyak teman dan jaringan komunitas global. Dalam jangka panjang bisa menunjang karir atau bisnis yang ingin kamu lakukan nantinya.

5. Kuliah di Luar Negeri Mengajari Kamu Cara Terbaik Mengatur Keuangan

Jika kamu belajar di luar negeri dengan bea siswa, maka kamu harus pintar mengatur keuangan agar bea siswa tersebut cukup buat kuliah dan biaya hidup. Jika kuliah biaya orang tua, maka kamu juga akan belajar bagaimana berhemat agar tidak memberatkan orang tua. Di beberapa negara seperti Jerman, biaya sekolahadalah gratis, jadi kamu tinggal menyesuaikan saja untuk biaya hidup di sana. Jika tidak cukup, solusinya adalah mencari pekerjaan sampingan saat waktu luang. Lambat laun kebiasaan ini akan melatih kalian untuk  mandiri dalam mengatur keuangan.

6. Kuliah di Luar Negeri Artinya Belajar Budaya Banyak Negara dan Etos Kerja Profesional

Pergaulan dengan mahasiswa dari banyak negara membuat kamu bisa belajar meningkatkan etos kerja. Ini penting bagi karir ke depanmu. Mau tidak mau kamu akan dipaksa untuk bekerja dengan sistem yang berbeda yang menuntut kamu perlu bekerja lebih keras lagi dibandingkan dengan saat kamu bekerja dengan sistem yang telah kamu kenal saat ini. Lingkungan baru, butuh adaptasi baru yang otomatis membuat kamu berfikir dan bekerja lebih keras lagi.

Pada akhirnya kamu akan terbiasa dengan rutinitas ini, dan akan terus melakukannya saat kembali ke negara asal.

7. Kuliah di Luar Negeri Membuatmu Mandiri dan Terbiasa Travelling ke Seluruh Dunia

Salah satu kendala lulusan dalam negeri adalah mental mereka yang tidak siap saat harus berurusan dengan banyak aktivitas keluar negeri. Jika kamu kuliah di luar negeri, hal ini tidak akan terjadi. Kamu akan terbiasa mampu melihat bagian dunia yang mungkin justru tidak akan terbayangkan oleh lulusan dalam negeri. Pengalaman dan wawasan juga akan bertambah, misalnya saja jika kuliah di Amerika kamu punya kesempatan mengunjungi Orlando, Washington D.C., dan New York City yang akan membuka wawasan perbandingan dengan kota di tanah air.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/alasan-kenapa-kamu-harus-melanjutkan-kuliah-di-luar-negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *