Jerman! Negara yang cukup disegani dari berbagai bidangnya, seperti pendidikan, teknologi, gaya hidup hingga sepak bolanya ini memang sangat menarik untuk diperbincangkan. Negara yang berbentuk Republik Federal ini terletak di jantung Eropa. Negara dengan demokrasi terbuka yang sangat up to date ini senantiasa menjadi roda penggerak gaya hidup dan budaya Eropa, bahkan sebagian memengaruhi dunia. Nah, kali ini Berkuliah.com akan mengulas fakta – fakta menarik tentang Jerman. Siapa yang mau tahu? Yuk, simak ulasannya :


1. Jerman adalah negara yang selalu berinovasi dari sektor ilmu pengetahuannya di berbagai bidang, mulai    dari kedokteran, teknik, hingga sains.

2. Industri kreatif dan kehidupan budaya berkembang dengan baik di Jerman.

3. Jerman adalah negara dengan penduduk terpadat di Eropa, mencapai 82 juta orang.

4. Negara Jerman merupakan negara berdaya ekonomi paling kuat di dunia.

5. Memiliki sejarah negara yang cukup menarik. Ingatkah anda dengan Tembok Berlin? Tembok yang memisahkan Jerman Timur dengan Jerman Barat, atau Republik Federal Jerman dan Republik Demokrasi Jerman. Perbedaan ini muncul akibat Perang Dunia II.  Pada atahun 1989, Tembok Berlin diruntuhkan.

6. Dikelilingi oleh 9 negara tetangga, yaitu Austria, Perancis, Switzerland, Denmark, Belgia, Luxemburg, Belanda, Czech Republic, and Polandia

7. Wilayah Jerman terbentang antara Laut Utara dan Laut Baltik di Utara serta Pegunungan Alpen di Selatan.

8. Keindahan alam negara Jerman sangat bervariasi, antara lain terdapat bukit berbaris, pengunungan, dataran, danau, hutan, dan garis pantai.


9. Lima ratus dari 45 ribu perusahaan asing dan besar di dunia memiliki cabang di Jerman. Hal ini dikarenakan Jerman memiliki stabilitas ekonomi yang kuat sehingga dinilai menjanjikan untuk investasi modal asing.

10. Memiliki 370 perguruan tinggi yang termasyhur.

11. Negara favorit untuk melanjutkan studi perguruan tinggi selain Amerika dan Inggris.

12. Tergolong sebagai tiga negara paling inovatif bersama Jepang dan Amerika Serikat.

13. Jerman telah melahirkan 68 ilmuwan yang berhasil meraih penghargaan Nobel. Rata – rata penghargaan tersebut diraih karena prestrasi mereka di bidang ilmu alam.

14. Jerman sangat mengangkat budaya kesenian yang tinggi. Terbukti, di Jerman telah terdapat 300 teater  tetap, 130 orkes professional yang bertaraf internasional, serta 630 museum seni rupa juga berdiri di Jerman.

15. Memiliki bahasa yang unik, bahasa Jerman.

16. Memiliki mutu kehidupan dan gaya hidup yang tinggi. Elit dan berkelas adalah sisi yang ditonjolkan oleh Jerman.

17. Menilai tinggi perkembangan mode dunia.

18. Terdiri dari 16 negara bagian, dengan tiga negara kota yaitu Hamburg, Berlin dan Bermen.

19. Berlin adalah ibu kota Jerman yang menjadi kota terpadat dengan penduduk mencapai 3,4 juta. Menyusul Berlin, Hamburg memiliki penduduk mencapai 1,74 juta dan Munich mencapai 1,26 juta.

20. Dulu, ketika Perang Dunia II terjadi, rakyat Jerman tidak bisa mendapatkan Coca Cola, mereka hanya dapat menemukan tutupnya dan menamakannya dengan sebutan Fanta.

21. Kebab Doener yang saat ini banyak menjadi bisnis franschise, adalah salah satu makanan favorit di Jerman.


22. Jerman memiliki banyak sekali jenis roti, yang menjadi bahan makanan utama penduduknya. Terdapat kurang lebih 300 jenis roti di Jerman.

23. Di Jerman terdapat museum roti.

24. Di beberapa restoran di Jerman, bir dianggap sebagai makanan.

25. Jerman adalah konsumen bir terbesar kedua di dunia setelah negara Irlandia.

26. Mayoritas agama penduduk Jerman adalah Protestan dan Katolik.

27. Masing – masing negara bagian di Jerman memiliki hari liburnya masing – masing.

28. 30% wilayah Jeman ditutupi oleh hutan.

29. Seperti halnya bahasa Jawa, dialek bahasa juga dapat ditemui di Jerman. Hebatnya, dialek bahasa Jerman dapat mencapai 35 macam dialek!

30. Bahasa Jerman digunakan sebagai bahasa resmi di lima negara lainnya, antara lain Switzerland, Austria, Luxemburg, Italia Utara dan Lorraine, Prancis.

31. Katedral Cologne di Jerman pembangunannya ternyata memakan waktu hingga 632 tahun.

32. Jerman memiliki katedral tertinggi di dunia, yaitu di Ulm.

33. Bahasa Jerman merupakan bahasa terpenting di dunia, menyusul Inggris, Arab, dan Mandarin.

34. Buku pertama kali dicetak di Jerman. Hal ini mungkin yang menjadi pertanda pendidikan di Jerman begitu maju dan inovatif.

35. Istilah terpanjang yang pernah diterbitkan dalam bahasa Jerman adalah “Donaudampfschifffahrtselektrizitätenhauptbetriebswerkbauunterbeamtengesellschaft” (79 huruf). Ucapkanlah dengan tepat dan cepat. Berhasil?

36. Stasiun terbesar di Eropa terletak di Berlin.


37. Kastil, istana dengan bentuk bangunan klasis seperti yang ada di negeri dongeng, masih banyak ditemui di Jerman. Rata – rata bangunan tersebut menjadi situs sejarah, museum dan ada yang masih digunakan sebagaimana mestinya. Sekitar 150 kastil bisa anda temui di Jerman.

38. Merayakan natal dengan menghias pohon natal adalah tradisi dari Jerman.

39. Jerman memiliki 400 lebih kebun binatang, dan salah satunya menjadi yang terbesar di dunia.

40. Menolak Holocaust dianggap criminal di Jerman.

41. Menyatukan warna blok pada benderanya yaitu warna merah, hitam dan kuning. Sungguh menarik.

42. Sebagian besar taksi di Jerman adalah Mercedez-Benz.

43. Jerman memiliki banyak sekali taman kota untuk berjalan – jalan menghidup udara segar pada paagi ataupun sore hari. Munich, adalah kota dengan taman terbanyak. Jumlahnya mencapai 60 taman di berbagai sudut Munich.


44. Freiburg adalah kota terpanas di Jerman.

45. Luas kota Berlin 9 kali lebih luas dari kota Paris.

46. Albert Einstein, ilmuan ternama dan berpengaruh pada ilmu yang kita gunakan hingga saat ini, berasal dari Jerman. Einstein lahir di  Ulm.

47. Johannes Guttenberg, penemu mesin cetak tulisan pada buku ataupun kertas pertama, juga berasal dari Jerman. Mesin cetak Guttenberg juga digunakan pada surat kabar di Indonesia pada masanya dahulu. Hingga saat ini, anda bisa menemui mesin cetak Guttenberg di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta.

48. Sinar X pertama kali ditemukan di Jerman pada tahun 1895. Sinar X ditemukan oleh Wilhelm Conrad Roentgen, pria berkebangsaan Jerman. Kini, sinar X banyak digunakan untuk berbagai kepentingan. Rontgen di rumah sakit adalah salah satunya.

49. Untuk memesan bir di pub, tradisi memesan penduduk Jerman bukanlah mengangkat jari telunjuk untuk memesan segelas bir, melainkan mengangkat jempol.

50. Brand Adidas didirikan oleh orang Jerman, tepatnya Bavaria. Pendiri Adisas adalah Adolf AdiDassler.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *